Huta siallagan, destinasi wisata di pulau samosir



Batak merupakan salah satu suku yang mempunyai tradisi cukup unik. Mereka konon sempat punya tradisi kanibal dan bukti soal itu masih dijaga hingga kini di Huta Siallagan.
Â*
Sebenarnya Huta Siallagan adalah sebuah desa Batak kuno yang terletak di Simanindo, Pulau Samosir, Sumatra Utara. Letaknya sangat strategis karena dikelilingi oleh pemandangan indah di sekitar area Danau Toba. Namun selain itu, warisan budaya di dalamnya juga sangat menarik untuk disimak.
Â*
Huta Siallagan , selain keindahan alam yang ada di sekelilingnya, Huta Siallagan penuh dengan cerita Batak kuno. Huta Siallagan masih masuk wilayah Desa Ambarita di Pulau Samosir. Sejauh ini tidak ada public transport yang bisa dipakai hingga ke lokasi, baik melalui darat maupun melalui kapal dari Parapat.
Â*
Wisatawan bisa mencapai tempat ini karena lokasi ini menjadi salah satu destinasi wajib dalam program paket wisata danau toba untuk semua program tour ke danau toba yang diselenggarakan oleh tour operator di Sumatera Utara.

huta-siallagan-samosir.JPG

Sebagaimana diceritaka dalam program paket tour danau toba bahwa Huta Siallagan dahulu merupakan perkampungan Suku Batak yang sempat tersohor karena tradisi kanibal alias memakan daging manusia. Namun demikian bukan berarti penduduk sini dulunya sangat primitif. Kebiasaan menyantap daging manusia dilakukan dengan alasan jelas.Orang yang melakukan tindakan kejahatan, seperti membunuh, mencuri, atau memperkosa, akan diadili terlebih dulu di tempat bernama Batu Persidangan. Begitu keputusan diambil, mereka biasanya akan dipancung. Kepalanya akan digantung di depan desa sebagai tanda peringatan, sementara tubuhnya dipotong dan dimasak sebelum kemudian dimakan bersama-sama.
Â*
Program tour ke pulau Samosir di mana wisatawan akan tiba di Ambarita baik melalui jalan darat atau dengan kapal motor, akan memasuki gerbang Huta Siallagan. Selanjutnya akan diarahkan ke lokasi rumah adat di mana tour guide akan bicara dan menceritakan kisah Huta Siallagan. Selanjutnya, menuju batu tempat eksekusi hukuman mati bagi setiap tersangka pelaku kejahatan yang diputuskan bersalah.
Â*
Langkah terakhir dari paket wisata samosir adalah Wisatawan akan diajak bergoyang mengikuti irama gondang batak dengan dipandu beberapa orang guide. Setelah tiga atau empat tarian, sambutan baru benar-benar selesai. Barulah kemudian pengunjung bisa mulai berkeliling sekitar kampung sembari mendengarkan kisah sejarah menarik di Desa Huta Siallagan.
Â*



Source link

Some local news is curated - Original might have been posted at a different date/ time! Click the source link for details.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Subscribe to the news via email

Send this to a friend